Jika Anda adalah seorang yang terjun di dunia kuliner atau menjalankan usaha makanan ringan, tentu sangat memahami bisnis makanan ringan dan sejenisnya selalu dinamis. Tak jarang, saat situasi ekonomi sulit, kompetisi makin keras, dan musim berganti, penjualan yang Anda capai kurang memuaskan dan jauh dari harapan. Namun, Anda tidak perlu berkecil hati, Peluang dalam Usaha Makanan untuk mampu bertahan dan menjadi sukses di kemudian hari selalu besar peluangnya.

gambar dari sedesa . id

Cara Meningkatkan Peluang Usaha Makanan

Sebenarnya anda bisa melakukan banyak hal untuk meningkatkan peluang dalam usaha makanan. Sehingga anda bisa bertahan di situasi sulit sampai menggapai kesuksesan yang di harapkan. Beberapa di antaranya adalah poin-poin di bawah ini :

1. Lakukan Hal-hal Lebih dari Biasanya


Satu hal yang pasti, Anda perlu bekerja lebih keras dari biasanya. Lakukanlah hal-hal lebih dari yang biasa Anda lakukan. Cobalah untuk menjual lebih banyak makanan, sebab dari sanalah pendapatan Anda bisa berlipat ganda.


Anda tak bisa menjual lebih banyak jika produksi tetap. Naikkan produksi secara efektif dan efisien agar tidak meningkatkan kerugian dari sisi produksi. Pastikan jaringan distribusi juga sudah mencukupi untuk mendistribusikan produk yang lebih banyak tersebut.

Anda juga perlu menjaring lebih banyak pelanggan. Jika Anda menjalankan usaha makanan ringan, pelanggan perlu diingatkan lewat promosi yang berulang namun tidak sampai mengganggu privasi pelanggan. Kreatif dalam memasarkan produk sangat penting artinya untuk menarik lebih banyak pelanggan baru, serta membuat pelanggan lama merasa ada sesuatu yang baru yang harus dicoba.


Selain itu, Anda bisa mencoba untuk membuat jam buka lebih panjang dari biasanya. Jam buka yang lebih panjang membuat pelanggan bisa datang sesuai preferensi waktu mereka. Jika Anda berjualan tanpa restoran, kafe, atau toko, melainkan hanya secara online, Anda bisa meningkatkan waktu standby untuk menerima pesanan lebih dari biasanya. Semakin lama Anda siap untuk melayani pelanggan, semakin besar kemungkinan untuk melakukan penjualan.

2.Menaikkan Penjualan per Pelanggan

Tips kedua yang bisa Anda lakukan adalah mencari cara untuk menaikkan penjualan per pelanggan. Pelanggan yang loyal biasanya membeli secara rutin dan mencakup item yang sama setiap membeli. Nah, Anda perlu merangsang pelanggan untuk membeli lebih banyak dari yang biasa Anda beli.


Salah satu caranya adalah dengan memberikan potongan atau diskon pada setiap pembelian dengan syarat tertentu. Anda juga bisa memberikan potongan berdasarkan membership. Dengan demikian, pelanggan akan terdorong untuk terus membeli dan akhirnya Anda mampu menaikkan penjualan per pelanggan.


Anda juga bisa melihat respons pelanggan dan mencari tahu varian produk apa yang mereka sukai. Jika memungkinkan, adakan survei untuk mencari info varian produk baru apa yang mereka inginkan sehingga Anda bisa menjaga loyalitas pelanggan sekaligus menaikkan omzet.

3.Manfaatkan Peluang Online

Peluang usaha makanan untuk berkembang bisa berlipat jika Anda melakukan penjualan secara online. Jangkauan koneksi internet saat ini sudah jauh menjangkau hingga ke pelosok Indonesia. Bisnis makanan ringan paling cocok dengan strategi ini. Dengan internet yang menjangkau siapa pun, makanan ringan bisa dikirim ke manapun tanpa takut basi atau rusak.


Memanfaatkan media sosial semaksimal mungkin untuk mempromosikan produk yang Anda buat. Media sosial mainstream seperti Instagram, Facebook, dan Twitter wajib menjadi andalan Anda untuk memperkenalkan merek dan produk makanan Anda.

Selain itu, Anda bisa menggunakan Pinterest atau TikTok bila dirasa perlu. Tentunya Anda perlu mempelajari strategi pemasaran melalui media sosial terlebih dahulu. Jangan takut untuk melakukan paid promote jika Anda membutuhkannya.


Saat ini internet tak bisa dilepaskan dari Google. Karena itu, pastikan Anda membuat laman bisnis Anda di Google My Business. Membuat laman tersebut akan meningkatkan eksposur bisnis makanan Anda secara maksimal.


Begitu publik melakukan pencarian atas produk Anda atau nama bisnis Anda sedikit saja, informasi lengkap akan muncul mulai dari jam buka, alamat website, lokasi, dan foto-foto bisnis Anda akan muncul di laman pencarian Google.


Bagi Anda yang memiliki usaha makanan ringan, Anda bisa menjual produk lewat merchant-merchant populer seperti Shopee, Bukalapak, dan Tokopedia. Berjualan lewat merchant e-commerce seperti itu akan memberikan Anda keuntungan mendapatkan jauh lebih banyak konsumen.


Ada pula program yang menarik bagi penjual maupun pembeli, misalnya ongkos kirim gratis yang membuat lebih banyak orang berhasrat membeli produk. Tak ketinggalan pula masalah pengiriman, semua sudah terintegrasi sehingga tidak ribet dan produk sampai ke tangan pelanggan dengan aman.

4.Berikan Pengalaman yang Luar Biasa

Tak bisa dimungkiri, pelanggan masa kini sebagian besar menitikberatkan pada pengalaman saat membelanjakan uang mereka. Karena itu, untuk meningkatkan peluang usaha makanan Anda lebih sukses, pastikan Anda memberikan pengalaman yang luar biasa pada mereka.


Mulai dari rasa yang memiliki kekhasan, pelayanan yang ramah dan berpusat pada pelanggan, serta after sales yang tetap memuaskan mereka. Anda juga bisa memberikan rewards untuk pelanggan yang setia, yang telah beberapa kali berkunjung atau membeli produk Anda.


Jika Anda memiliki restoran atau kafe, ciptakan racikan menu makanan atau minuman yang tepat. Pastikan makanan dan minuman Anda pas satu sama lainnya. Menu yang tepat akan membuat pelanggan memesan lebih dari yang ia butuhkan hanya karena merasa menu yang ia inginkan cocok dengan menu lain yang Anda sediakan.

Hal yang sama berlaku jika Anda menjalankan bisnis makanan ringan. Anda bisa menyediakan produk-produk yang cocok satu sama lainnya. Bisa juga dengan menghadirkan beberapa macam varian yang menarik. Pelanggan akan merasa ada yang kurang jika membeli satu tapi tak membeli lainnya.

5.Gunakan Metode Pembayaran yang Aman

Hal lain yang tak kalah penting bagi pelanggan adalah mengenai cara atau metode pembayaran. Pastikan Anda menggunakan teknologi pembayaran terkini dengan keamanan yang terjamin. Ada berbagai metode mulai dari tunai, kartu debit, kredit, cashless, hingga cash on delivery (COD). Anda perlu mempersiapkan itu semua dengan baik agar pelanggan merasa mudah dan simpel.

Ide dan Peluang dalam Usaha Makanan yang Trend

Bisnis makanan selalu berkembang dan tak akan pernah berhenti. Setiap tahun selalu muncul peluang dalam usaha makanan baru yang diciptakan oleh para wirausahawan. Banyak orang memilih untuk terjun langsung mendalami usaha ini karena memiliki keuntungan besar.
Alasannya sederhana yaitu seluruh manusia butuh makan, sehingga target market usaha makanan sangat luas, tidak terbatas pada usia atau jenis kelamin.

Pada sisi lain ada sebagian orang yang menjadikan aktivitas berburu makanan sebagai hobi yang tak dapat ditinggalkan. Ada kepuasan tersendiri yang didapat ketika sudah mengecap sensasi kuliner unik.
Beberapa kelompok lainnya ada juga yang hobi mengunyah kudapan sebagai teman pengisi waktu luang. Hal itulah yang membuat usaha kuliner selalu berkibar setiap saat. Usaha kuliner rata-rata tidak membutuhkan modal besar. Dalam proses menjalankan bisnis juga tidak sulit sehingga dapat dijalankan oleh siapa saja.

Banyak pemula yang memulai usaha dari bidang kuliner. Bagi anda yang tertarik untuk ikut mencari peluang dalam usaha makanan, berikut jenis-jenis makanan yang dapat menginspirasi anda.

  1. Usaha Makanan Nasi Uduk Seribu Lauk
    Ini dia ide dan peluang usaha makanan yang digemari banyak orang. Rata-rata para penjual nasi uduk berjualan dengan menu seadanya yaitu tempe orek, telur bulat, telur dadar, dan gorengan. Jika anda ingin membuka usaha makanan nasi uduk, anda harus tampil beda.
    Buatlah usaha anda spesial sehingga banyak orang yang mengingatnya. Bagaimana caranya? Cari dan pelajari resep nasi uduk yang lezat. Setelah itu hadirkan aneka lauk sebagai pendamping menu nasi uduk.
    Contohnya saja sate ati ampela, ayam goreng, ikan goreng, tuna goreng sambal, sate udang, sate cumi, semur telur, ceker ayam, kerang, gepuk, empal goreng, perkedel daging, kroket, bakwan jagung, peyek udang,aneka gorengan, dan masih banyak lagi.
    Kemudian buatlah sambal enak yang akan membuat orang ketagihan untuk kembali makan di tempat anda. Nasi uduk diminati segala usia, sehingga banyak orang yang dapat menikmatinya. Pilih waktu yang tepat dalam menggelar lapak dagangan anda.
    Banyak orang yang mencari nasi uduk saat pagi hari dan menjelang malam hari. Inilah saat yang terbaik bagi anda untuk berjualan.
    Dari usaha kecil-kecilan yang dijalani dengan serius, siapa tahu kelak anda akan punya restoran sendiri. Jika anda terus menekuninya dan pantang menyerah, bukan tak mungkin jika restoran anda akan memiliki cabang dimana-mana.
    Usaha nasi uduk dengan seribu lauk sangat menjanjikan dan menawarkan laba yang cukup besar.
  2. Usaha Makanan Aneka Bakso
    Bakso masih menjadi makanan kesukaan dari dulu hingga sekarang, sehingga tetap cocok menjadi salah satu peluang usaha makanan yang patut dicoba. Popularitas bakso tak pernah tergantikan. Masih banyak yang tergila-gila dengan hidangan yang satu ini.
    Rasanya usaha yang satu ini tidak akan pernah tergilas oleh waktu. Agar menu bakso anda terlihat unik dan berbeda dari yang lainnya, buatlah variasi dari menu bakso yang ada.
    Buatlah terobosan baru dalam dunia kuliner. Contohnya saja anda menyajikan bakso sapi yang dilengkapi dengan ceker ayam.
    Selain itu anda dapat menjual bakso ayam, bakso keju, bakso telur, bakso telur asin, bakso udang, bakso cumi, bahkan bakso ikan.
    Keunikan dari variasi menu anda akan membuat banyak orang ingin kembali. Pelajari resep bakso enak yang cocok di lidah segala kalangan.
    Menu anda akan semakin mantap jika anda menyajikan bakso bersama kuah yang lezat, mie yang kenyal, dan sambal yang nendang. Dijamin warung bakso anda akan diburu oleh khalayak.
  3. Usaha Makanan Aneka Bubur Manis
    Bubur manis selalu menjadi peluang usaha makanan yang menjanjikan. Apalagi menu ini selalu dinantikan saat musim hujan atau saat acara tertentu.
    Bubur manis di sini antara lain adalah bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, bubur jagung, bubur sumsum, bubur kampiun, dan masih banyak lagi.
    Menjual hidangan ini merupakan langkah positif yang dapat melestarikan kuliner khas Indonesia.
    Banyak penggemar bubur manis yang keinginannya teredam karena penjualnya semakin sedikit. Inilah peluang emas anda untuk menarik minat khalayak.
    Carilah resep yang sekiranya disukai oleh seluruh lidah orang Indonesia. Untuk komposisinya, perhatikan tingkat kekentalannya.
    Jangan terlalu encer dan jangan terlalu kental. Siapkan pula roti tawar atau roti gandum sebagai pendamping bubur manis.
  4. Usaha Makanan Seblak
    Seblak bukanlah jenis kuliner yang asing lagi, dengan banyaknya peminat seblak merupakan salah satu peluang usaha makanan yang menarik. Seblak berasal dari tanah Parahyangan yaitu kerupuk yang direndam di dalam air hangat sehingga menjadi lembek.
    Setelah itu seblak dimasak lalu dicampurkan dengan aneka bumbu dan topping seperti telur, macaroni, sosis, ayam, bakso, serta bahan-bahan lainnya.
    Belakangan ini menu seblak kembali populer dan menjadi santapan favorite di kalangan anak muda.
    Ditambah lagi seblak hadir dengan konsep kekinian, yaitu dengan topping modern seperti daging sapi cincang, keju mozzarella, dan sebagainya. Seblak kekinian juga hadir dengan tingkat kepedasan yang dapat dipilih.
    Anda dapat mencoba jenis usaha ini karena keuntungannya cukup besar. Selalu hadirkan menu baru setiap saat untuk menghindari kejenuhan konsumen.
    Selain itu anda juga harus membuat resep khas anda sendiri. Dengan begitu banyak konsumen yang rindu untuk menyantap seblak di tempat anda.
  5. Usaha Kedai Kopi
    Kopi merupakan minuman favorit sebagian besar masyarakat Indonesia, yang telah berkembang pesat, sehingga terdapat banyak jenis minuman kopi, misalnya saja kopi luwak yang terkenal enak dan memiliki cita rasa khas. Usaha ini membutuhkan modal yang kecil, tergantung besar kecilnya usaha, seperti: angkringan, warung kopi, atau café. Contoh untuk usaha angkringan, bisnis ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, namun memiliki prospek yang cukup bagus, sehingga tidak mengherankan kini banyak tumbuh angkringan baru.
  6. Usaha Aneka Minuman Dingin
    Minuman dingin merupakan jenis minuman yang banyak disukai orang, seperti ice cream, puding, es teh, es susu, dan masih banyak lagi. Usaha ini sangat cocok dilakukan pada siang hari, didaerah yang panas, baik di sekitar taman maupun sepanjang jalan. Konsumen minuman dingin membidik semua umur, mulai anak kecil hingga orang tua, baik laki-laki maupun perempuan, sehingga bisnis ini memiliki prospek yang sangat cerah.
  7. Usaha Roti Bakar
    Saat ini sudah banyak orang yang menggeluti bisnis roti bakar. Bisnis ini dapat dijalankan dengan modal kecil, sedangkan lokasi untuk berjualan dapat di pinggir jalan, kedai, taman, dan tempat keramaian lain. Jenis usaha roti bakar ini ada banyak sekali, seperti: roti tawar yang di bakar, kemudian diolesi keju, dibakar lagi, dan terakhir ditumpuk menjadi 1, lalu diberi coklat di bagian tengah atau susu dan ceress, serta selai rasa lainnya sesuai dengan selera konsumen.
  8. Usaha Makanan Aneka Gorengan
    Biasanya untuk menjalankan bisnis gorengan ini membutuhkan modal yang tidak terlalu besar, modal di awal memang sangat terasa karena harus membeli banyak peralatan dan bahan-bahan untuk memulai usaha gorengan tersebut. Beberapa jenis usaha gorengan yang sangat laris di pasaran adalah
  9. Usaha Kuliner Aneka Keripik
    Aneka keripik adalah makanan ringan yang banyak digandrungi oleh masyarakat kita. Ada beberapa jenis keripik yang selalu laris dijual di pasaran, misalnya.
    Usaha aneka keripik ini juga bisa dilakukan secara online lho. Ada cukup banyak pengusaha aneka keripik yang menjual produk mereka secara online, tentu saja target marketnya menjadi lebih luas dan bisa memberikan keuntungan yang lebih besar.

Penting anda ingat, bahwa Peluang dalam usaha Makanan tidak hanya mengejar keuntungan saja, tetapi juga harus memberikan dampak yang positif bagi lingkungan sekitar. Terima kasih dan semoga bisa bermanfaat.