Definisi Cash Advance Di Indonesia


Cash Advance adalah pinjaman jangka pendek dari bank atau pemberi pinjaman alternatif. Istilah ini juga mengacu pada layanan yang diberikan oleh banyak penerbit kartu kredit yang memungkinkan pemegang kartu untuk menarik sejumlah uang tunai.

Uang muka umumnya memiliki tingkat bunga dan biaya yang tinggi, tetapi menarik bagi peminjam karena mereka juga memiliki persetujuan yang cepat dan pendanaan yang cepat. Sebenarnya Ada berbagai uang muka, tetapi penyebutan yang umum untuk hal itu adalah suku bunga dan biaya yang kaku.

Panduan Transaksi Cash Advance Tahap Demi Tahap

Seperti penjelasan singkat yang sudah diberikan di atas, anda bisa mengetahui bahwa sebenarnya cash advance adalah pinjaman uang tunai jangka pendek yang ditawarkan oleh kartu kredit. Jadi jika kartu kredit anda adalah terbitan bank, maka anda sebenarnya sama saja menerima pinjaman dari bank tersebut.

Jenis Cash Advance yang paling populer adalah meminjam pada jalur kredit melalui kartu kredit. Uang dapat ditarik di ATM atau, tergantung pada perusahaan kartu kredit, dari cek yang disetor atau diuangkan di bank. Uang muka kartu kredit biasanya memiliki tingkatan bunga yang tinggi, bahkan lebih tinggi daripada tingkat pembelian rutin: Anda akan membayar rata-rata 24% – sekitar 9% lebih tinggi dari rata-rata untuk pembelian. Terlebih lagi, minat mulai bertambah dengan segera; tidak ada masa tenggang.

Uang muka ini biasanya termasuk biaya juga, baik flat rate atau persentase dari jumlah lanjutan. Selain itu, jika Anda menggunakan ATM untuk mengakses uang tunai, Anda sering dikenai sedikit biaya penggunaan.

Seiring dengan suku bunga yang terpisah, uang tunai kartu kredit membawa saldo terpisah dari pembelian kredit, tetapi pembayaran bulanan dapat diterapkan untuk kedua saldo. Namun, jika Anda hanya membayar jumlah minimum yang harus dibayar, penerbit kartu diizinkan oleh hukum federal untuk menerapkannya pada saldo dengan tingkat bunga yang lebih rendah. Karena itu tingkat pembelian, saldo uang muka dapat menghasilkan bunga pada tingkat tinggi selama berbulan-bulan.

Untuk lebih jelasnya kita lihat bagaimana penariakn uang tunai oleh kartu kredit.

1.Pertama seperti biasa, anda masuk ke ruang ATM dan masukan kartu kredit yang anda punya, semisal anda punya kartu kredit dari HSBC. Kemudian anda masukan PIN anda

2. Selanjutnya silahkan anda withdraw dengan jumlah yang anda inginkan, misalkan pada contoh gambar, anda akan mengambil uang tunai sebesar Rp. 1.500.000,-

3. Bila sudah tunggu uangnya keluar dan anda sudah berhasil.

Berapa Besar Bisa Menarik Uang dari Cash Advance?

Berapa besar uang tunai yang bisa didapatkan dari cash advance. Pertanyaan ini yang mungkin sering orang tanyakan. Untuk jawabanya adalah bergantung pada besar limit kartu kredit anda. Bahkan kebanyakan tidak bisa sampai pada maksimal limit kartu kredit anda.

Kelebihan dan Kekurangan Cash Advance

Sebagai bahan pertimbangan untuk anda, cobalah pelajari apa kelebihan dan kekurangan dari cash advance ini. Jadi perhatikan kapan sebaiknya anda menggunakan penarikan uang tunai dari cash advance dan kapan anda tidak boleh menggunakannya. Berikut penjelasannya untuk membantu anda.

  • Kelebihan Cash Advance

Penjelasan di atas sudah menggambarkan bahwa cash advance memungkinkan anda menarik uang tunai dengan cepat dan mudah, layaknya uang di kartu debit. Jadi uang tunai ini sangat bermanfaat di kondisi emergency, saat anda memerlukan uang tunai dan tidak ada layanan untuk pembayaran menggunakan kartu.

Biasanya besar uang yang harus anda tarik tidak terlalu banyak. Jadi anda bisa membayarnya dalam jangka waktu singkat juga. Jadi kondisi darurat bisa anda lewati dengan mudah. Misalnya gunakan cash advance, saat anda akan membeli atau membayar sesuatu yang tidak menyediakan pilihan pembayaran dengan kartu.

  • Kekurangan Cash Advance

Cash advance dengan biaya yang sangat besar ini sangat memberatkan untuk anda. Pembayarannya pun membutuhkan waktu singkat, jadi anda harus mengetahui apakah anda mampu membayar sejumlah uang tunai itu dengan tambahan biayanya.

Jadi jangan pernah mengambil uang tunai dari kartu kredit untuk menutup tagihan kartu kredit juga. Hal ini hanya akan membuat bunga semakin besar dan anda tidak bisa menanggulanginya lagi.

Demikian ulasan kami untuk Cash Advance semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *