SIAP Desa ditujukan bagi pengelolaan dan penyusunan pelaporan Pendapatan Asli Desa (PAD), Dana Perimbangan, Alokasi Dana Desa (ADD) dan juga mencakup sumber penerimaan baru bagi desa yaitu Dana Desa yang berasal dari APBN, sesuai mandat UU No. 6 tahun 2014 tentang Desa. Aplikasi SIAP Desa disusun berdasarkan Peraturan Mendagri No. 113 tahun 2014 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa. Dibangun dengan prinsip kemudahan (user friendly), program aplikasi ini memberikan kemudahan dalam penginputan dan pengolahan keuangan desa. Format pelaporan yang sudah sesuai dengan lampiran, PERMENDAGRI No. 113 Tahun 2014 membuat aplikasi ini dapat digunakan desa sebagai alat bantu dalam pembuatan laporan pertanggungjawaban yang sah.
  • Aplikasi dibuat sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (PERMENDAGRI) No. 113 Tahun 2014
  • Berbasis Desktop sehingga dapat digunakan di Desa tanpa menggunakan jaringan internet
  • Kemudahan dalam pengolahan informasi keuangan desa
  • Keamanan data terjamin
Modul yang tersedia dalam aplikasi ini adalah:
  1. Kode Rekening Anggaran & Aset
  2. Sumber Dana
  3. Pengelolaan Anggaran
  4. Pengelolaan Perubahan Anggaran
  5. PengelolaanTransaksi harian
  6. Pengelolaan asset
  7. Laporan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa)
  8. Laporan Perubahan Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa)
  9. Penatausahaan Kas Umum
  10. Penatausahaan Buku Pembantu Pajak
  11. Penatausahaan Buku Bank
  12. Laporan Per Bulan
  13. Laporan Semester awal
  14. Laporan Semester Akhir
  15. Laporan Pertanggungjawaban Realisasi Pelaksanaan APBDesa
  16. Laporan Kekayaan Milik Desa